Salah Satu Umat Islam Melewati Bilik Disinfektan yang Terdapat di Masjid Pathok Negoro Ploso Kuning Untuk Menjalankan Ibadah Sholat

Setahun lebih kasus COVID 19 di siarkan dan merebaklah pandemi COVID-19 di Indonesia menjadi awal perubahan kehidupan masyarakat, Dari kegiatan religi, interaksi sosial masyarakat, pendidikan, ekonomi, dan budaya.

Semua terdampak imbas pandemi Covid 19 yang asalnya dari negara Tiongkok atau China ini. Dari sisi agama Islam semua tampak tak biasa saat kerumunan dilarang, sholat jamaah harus berjarak, dll.

Ekonomi lebih parah, karena transaksi ekonomi jatuh pada titik terendah. Interaksi sosial terkadang menjadi lucu saat bertemu tidak bersalaman, harus memakai masker yang pada kondisi normal hal2 tersebut merupakan suatu yang tabu. Budaya harus dilakukan dengan sistem daring, padahal kerumunan atau interaksi langsung dalam kegiatan budaya merupakan ruhnya.

Yaaa.. semua berubah akibat dari satu virus yang dilihat dengan mata biasa saja tak tampak. Semoga pandemi segera berlalu dan kita bisa hidup layaknya manusia yang membutuhkan interaksi antar manusia tanpa ada masker di antara kita.

Gigih M Hanafi

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin

Discover More