Sabung Ayam Pasar Pedan

Klaten memiliki banyak keunikan yang dimiliki oleh tiap – tiap kecamatan. Salah satu keunikan tersebut ialah Pasar Pedan. Pasar yang terletak di kecamatan Pedan ini ramai pada hari pasaran jawa “wage”, maka dari itu disebut sebagai Pasar Wage Pedan. Ada banyak pedagang yang menjual berbagai barang dan hewan, yang menjadi fokus adalah hal yang tersembunyi dari sektor pasar burung yaitu kegiatan sabung ayam.

Kegiatan sabung ayam ini menjadi hal yang terkenal di tempat ini. Namun, tempat yang tersembunyi membuat orang – orang belum mengetahui kegiatan sabung ayam di pasar ini. Sabung ayam menjadi salah satu budaya yang dilakukan oleh masyarakat disekitar Pasar Pedan. Sabung ayam ini menarik masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini dikarenakan adanya sistem taruhan. Biasanya hal yang ditaruhkan adalah uang yang diatur oleh seorang bandar. Ayam yang diikutkan di kegiatan ini terdiri dari beberapa jenis dan biasanya peserta mempertandingkan jenis Ayam Bangkok, karena dikenal besar dan garang saat bertarung.

Sebelum pertandingan, peserta memberikan obat dan memandikan dengan ramuan jamu yang diracik sendiri. Setelah pertarungan, ayam dimandikan untuk menghilangkan luka yang ada. Tidak semua orang dapat melihat sabung ayam ini setiap waktu. Sabung ayam di pasar ini diadakan sejak pagi hingga siang hari pada saat pasaran wage saja. Hal ini menjadikan kegiatan sabung ayam ini unik karena tidak setiap hari sabung ayam ini diadakan

Sulthon Muhammad Arief

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin

Discover More