Rumah Kita

Alam, sebagai perwujudan dari Yang Kuasa kepada setiap makhlukNya untuk menunjukan segala nikmat yang telah diberikan. Semua yang kita butuhkan, alam telah berikan, dataran, lautan, udara dan segala isinya untuk keberlangsungan hidup kita. Berbagai keindahan alam yang dapat kita nikmati dari keberagaman flora dan fauna tak kurang-kurangnya membuat takjub.

Namun tak sebatas penikmat saja, alam juga butuh perhatian dari kita yang hidup di dalamnya. Kita yang semestisnya bertanggung jawab untuk merawat dan melestarikan nikmat dari alam malah sebaliknya, warna-warni semesta seolah sirna karena keegoisan manusia. Pencemaran lingkungan dimana-mana, eksploitasi makhluk hidup merajalela dan berbagai kerusakan lainnya yang semata hanya untuk kerakusan belaka. Semua hal yang kita lakukan pasti ada konsekuensi dan batasannya, begitupun dari kita terhadap alam tempat kita tinggal. Jika kita tidak memberikan timbal balik yang baik seperti apa yang telah alam berikan, semesta akan membalasnya seperti halnya apa yang kita tanam, itu yang kita tuai, disini dimaksudkan sebagai bencana alam.

Sudah sepantasnya kita menjaga dan melestarikan tempat tinggal kita sendiri. Semesta telah memberikan segala yang dibutuhkan. Alam juga memiliki batasan seperti halnya kita, eksploitasi dan kerusakan yang kita lakukan nantinya akan merusak kelangsungan ekosistem alam yang kini tanpa kita sadari sudah banyak dampaknya.

Daffa Indra Dirgantara

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin

Discover More