Pembuatan Batu Bata

Bapak Wagiman merupakan seorang pembuat batu bata yabg telah berusia 58 tahun di Desa Bawuran 02 RT 04. Beliau telah menjalani profesinya selama 5 tahun lebih. Beliau mengerjakan semua proses pembuatan batu bata dengan seorang diri tanpa ada bantuan orang lain.

Bapak Wagiman memulai proses kegiatannya pada pukul setengah 05.30 wib pagi hingga pukul setengah 16.30 wib sore. Proses kegiatan beliau dimulai dengan mengaduk tanah agar menjadi adonan yang kemudian akan dicetak menggunakan alat pencetak batu bata. Batu bata yang telah tercetak akan dijemur seharian agar kering. Setelah kering batu bata akan dirapikan sisinya dengan pisau khusus agar menjadi batu bata dengan bentuk yang rapi yang kemudian akan disusun bertingkat di bawah sinar matahari agar semakin kering. Batu bata yang telah kering tersebut kemudian akan disusun di tempat pembakaran, susunan batu bata dapat mencapai tinggi 3 meter lebih yang diantara susunannya akan diberikan abu dan disela sela tumpukan batu bata akan diberikan kayu bakar. Proses pembakaran batu bata ini berlangsung selama kurang lebih setengah bulan hingga batu bata benar-benar jadi. Proses pembakaran batu bata dengan waktu yang begitu lama dengan tujuan batu bata lebih awet untuk digunakan.

Walaupun proses dari pembuatan batu bata terbilang cukup rumit, Bapak Wagiman tetap bertahan dengan profesinya untuk menghidupi keluarganya. Dari profesinya tersebut Bapak Wagiman juga dapat menyekolahkan ketiga anaknya hingga lulus.

Erika Dwi Rofiana

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin

Discover More