Lihat Sekitarmu

Umumnya peninggalan yang kita kenal sebagai benda yang dikramatkan, bernilai tinggi, atau langka. Peninggalan juga dikenal sebagai hal yang diturunkan dari generasi ke generasi, atau antara anggota keluarga. Tetapi jika kita melihat sekitar kita, sesuatu yang kita anggap remeh atau dekat dengan kita mungkin saja mempunyai cerita yang panjang.

Bangunan yang paling dekat dengan manusia adalah rumah, bangunan yang selalu menjadi tempat menghabiskan waktu untuk hunian. Jika kita mengunjungi sebuah rumah, rasa penasaran akan penghuninya muncul ketika suasana bangunan tersebut sepi dan jendela menjadi patokan keadaan sang penghuni. Muka rumah menjadi penanda keadaan rumah tersebut. Menilik lebih jauh, jendela yang tertutup rapat dan aura muram justru meyakinkan bahwa gedung itu terabaikan, tak tersentuh.

Mengutuk masa lalu, rumah yang terabaikan akhirnya menjadi peninggalan. Peninggalan bisa berupa apapun bentuknya yang dibawa oleh manusia secara turun temurun. Sering kali manusia menyimpan kenangan dalam bentuk benda dan memori. Salah satunya adalah bangunan yang menjadi saksi bisu keberadaan dan keadaan manusia pada masanya. Sejak zaman kolonial, penduduk Eropa banyak menetap di Indonesia dan membangun rumah dengan gaya Eropa. Bangunan bergaya Eropa sangat berbeda dengan gaya bangunan Indonesia pada umumnya, detail menjadi poin menarik yang terukir pada bangunan-bangunan peninggalan bangsa Eropa.

Bangunan yang sudah lama dibangun oleh manusia, melewati banyak hal yang terjadi dan hingga kini masih utuh kokoh berdiri di masa yang berbeda membuat bangunan tersebut menjadi sebuah peninggalan di masa sebelumnya.

Meby Tri

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin

Discover More