Dibalik Pentas Seni Ramayana Ballet

Pertunjukan Ramayana Ballet menjadi daya tarik yang terkenal bagi dunia wisata Yogyakarta. Pertunjukan ini bercerita tentang kisah cinta Rama dan Shinta melawan Rahwana, dikisahkan pula tentang loyalitas dan kepahlawanan Hanoman.

Salah satu pemain dalam Ramayana Ballet merupakan siswa SD Marsudi Rini, bernama Farrel. Ia berperan sebagai prajurit kera dalam pertunjukan tersebut. Setiap malam ia dan teman-temannya harus mempersiapkan diri demi pertunjukan yang berkelas dan dinikmati ratusan pasang mata. Sejak pukul 19.00 WIB

Farrel dan teman-temannya bersiap merias diri untuk pertunjukan yang dimulai pukul 20.00 WIB. Karena sangat terbiasa mereka pentas, di usia mereka yang masih belia, mereka dapat merias dirinya sendiri sesuai dengan karakter yang mereka mainkan.

Memainkan lakon dalam pentas Ramayana Ballet merupakan warisan dari keluarga Farrel. Sejak kecil, ia telah berlatih menjalankan lakonnya sebagai prajurit kera. Panggung adalah tempat bermainnya, ratusan pasang mata adalah temannya. Tak ada sedikitpun rasa malu dalam benak Farrel untuk melestarikan budaya yang semakin tergerus zaman.

Deneira Diga Zahra W.

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin

Discover More