Dari Mereka Untuk Menerangi Jalanmu

Kematian adalah hal yang tak bisa dihindari oleh setiap manusia. Namun,kematian bukan lah akhir dari segalanya tetapi sebagai pintu baru menuju kehidupan selanjutnya yang abadi. Dibalik cerita kematian , ada mereka yang akan berusaha untuk menuntunnya ke tempat yang terbaik dengan caranya sendiri seperti ritual.

Di Indonesia ada berbagai tradisi atau ritual untuk mendoakan maupun mengenang kepergian orang yang telah meninggal oleh keluarganya dan juga kerabat – kerabat dekatnya. Di kepercayaan islam terutama yang berada di pulau Jawa ada sebuah tradisi yang berasal dari suatu organisai islam yaitu membaca Yasin bersama – sama untuk mendoakan orang yang telah meninggal dengan asumsi agar ia yang didoakan diterangkan jalannya ketika sedang berada di alam yang berbeda.

Foto – foto yang ditampilkan disini adalah upaya untuk memvisualisasikan bagaimana budaya yasinan tersebut namun tidak secara eksplisit. Simbol dan gestur menjadi unsur utama dalam visual yang disajikan disini dengan alur cerita dan gaya naratif.

Reza Hafizh

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pin

Discover More